Prinsip Desain dalam Poster

Dalam membuat sebuah poster yang baik pasti di perlukan sebuah prinsip tertentu agar poster yang di buat menarik perhatian orang banyak. Dalam hal ini harus di tentukan prinsip apa saja yang harus ada di dalam poster. Berikut prinsip yang ada untuk mendesain sebuah poster antara lain :

1.KESEIMBANGAN

Prinsip ini mempunyai maksud mengkomposisikan atau mengkombinasikan suatu bidang yang akan di isi oleh seni rupa atau desain grafis agar menemukan sebuah keseimbangan atau balancing untuk menghindari kesan berat sebelah. Dalam keseimbangan itu sendiri di bagi menjadi 2 jenis yaitu keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris. Keseimbangan simetris adalah keseimbangan yang berat visualnya di bagi secara merata dengan baik dan biasanya hal ini paling banyak di gunakan dalam mendesain poster. Yang kedua, keseimbangan asimetris ini biasanya akan menitikberatkan pada warna, skala, dan kontras untuk menghasilkan desain yang tidak beraturan. Keseimbangan asimetris mempunyai beberapa tipe antara lain, keseimbangan dari bentuk dan ukuran, tekstur, posisi, serta semua yang di gabung dari komposisi tersebut.

2.ALUR BACA

Pada prinsip ini maka designer akan membuat alur darimana pembaca dapat mulai membaca poster tersebut. Hal ini di buat untuk memudahkan pembaca dalam membaca dan tidak menimbulkan kebingungan saat mata berpindah dari satu bagian ke bagian yang lain untuk mendapatkan sebuah informasi yang lengkap.

3.PENEKANAN

Dalam hal ini dapat menonjolkan judul maupun ilustrasi yang di inginkan untuk membedakan dengan unsur lainnya yang di dasarkan pada urutan yang di prioritaskan. Penekanan dapat di capai dengan hal berikut :

  • Perbandingan ukuran
  • Background yang kontras dengan tulisan dan gambar
  • Warna yang menonjol
  • Memanfaatkan ruang yang kosong
  • Perbedaan jenis, ukuran, dan warna huruf

4.IRAMA

Dalam prinsip ini dapat di lakukan pengulangan gambar agar poster yang di buat menjadi lebih bervariasi dan menarik perhatian orang banyak. Dapat juga di buat dengan membedakan ukuran dari satu gambar ke gambar lainnya sehingga dapat menimbulkan kesan yang bertingkat atau beraturan sesuai dengan tema yang di miliki.

5.KESATUAN

Dalam prinsip ini maka beberapa bagian yang ada di dalam poster akan di gabung sehingga membentuk suatu kelompok pola yang

menarik. Contoh nama rumah dapat di dekatkan dengan alamat rumah tersebut. Kesatuan itu sendiri dapat di capai dengan beberapa hal yaitu :

  • Perbedaan warna latar belakang
  • Perbedaan informasi
  • Di buat menumpuk
  • Memanfaatkan garis untuk menjadi pemisah
  • Mendekatkan desain dengan elemen lainnya

Berikut beberapa penjelasan mengenai prinsip desain dalam sebuah poster yang baik. Hal tersebut perlu di perhatikan karena itu akan menunjang menarik tidaknya poster yang di buat. Sekian terima kasih

Contoh Desain Sejenis

Updated: July 11, 2018 — 8:32 am
Pixell design