Prinsip Dasar dalam Desain Grafis

prinsip desain grafis Prinsip Dasar dalam Desain GrafisDalam membuat desain, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan . Hal Ini penting untuk di perhatikan karena berpengaruh pada kualitas dan daya tarik gambar yang dihasilkan. Adapun prinsip dasar desain grafis antara lain :

  1. GARIS
    Garis merupakan salah satu unsur dasar yang digunakan untuk membuat desain grafis. Hal ini karena digunakan untuk menghubungkan dari titik satu ke titik yang lain agar membentuk garis seperti lurus, lengkung, zigzag, horizontal, vertical, diagonal, dan lainnya. Sebuah garis tidak berkedalaman, hanya memiliki panjang dan ketebalan sehingga disebut elemen satu dimensi. Dalam menggambar garis dibutuhkan kemampuan untuk menambah nilai estetika dan kenyamanan yang melihat seperti mudah di serap, menyenangkan, dan berkesan.
  1. BIDANG
    Bidang merupakan segala sesuatu yang memiliki ukuran tinggi dan lebar seperti segitiga, persegi panjang, persegi, poligon, jajar genjang, dan lainnya. Dalam desain, bidang geometris berperan memberikan kesan formal, sedangkan non geometris yaitu lebih terkesan dinamis dan tidak formal.
  1. TEKSTUR
    Tekstur merupakan tampilan gambar yang memiliki kesan halus atau kasar. Biasanya ini digunakan untuk mengatur keseimbangan dan kontras suatu desain dengan memberikan sentuhan yang berkarakter seperti penggunaan background. Dalam desain grafis tekstur ada yang bersifat nyata maupun maya.
  1. RUANG ATAU SPACE
    Ruang adalah jarak antara satu bentuk dengan bentuk lainnya, yang digunakan untuk memberikan efek estetika dalam desain, seperti background, objek, dan teks, atau dengan kata lain disebut ruang kosong. Pada desain grafis ruang ini di pakai untuk memberikan kesan nyaman dan menonjolkan gambar yang ada di desain untuk menarik perhatian yang melihat.
  1. UKURAN
    Ini berkaitan pada panjang dan pendek, tinggi dan rendah, serta besar kecilnya suatu objek. Pada ukuran, objek yang ingin di tojolkan harus di sesuaikan dengan gambar pendukung lainnya, agar tidak terjadi keanehan saat dilihat dan menarik minat pembaca, misal judul lebih besar dari skala objek lainnya. Biasanya ini menggunakan kekontrasan dan penekanan dalam menciptakannya, maka dari itu ukuran menjadi salah satu unsur paling penting dalam desain grafis.
  1. WARNA
    Warna menjadi unsur utama dalam menarik minat pembaca. Hal ini karena dengan menggunakan warna yang tepat, maka bisa berpengaruh pada kualitas, citra usaha, dan penyampaian pesan yang terkandung didalamnya. Warna yang lembut akan memberikan kesan nyaman, damai, dan romantis, sedangkan tegas berkesan dinamis. Dalam pemilihannya, jangan sembarangan atau asal asalan karena berpengaruh pada daya tarik yang dihasilkan.
  1. GELAP TERANG
    Unsur gelap terang juga menentukan desain itu enak untuk di lihat. Biasanya ini menggunakan gradient warna yang sesuai usaha agar menarik perhatian pembaca, seperti warna biru tua di gradasi menjadi biru muda.

Demikian beberapa prinsip yang ada pada desain grafis. Semua ini dibuat untuk memberikan efek estetika bagi desain yang dibuat.

Contoh Desain Sejenis

KEUNGGULAN JASA DESAIN KAMI

  • Pengerjaan Cepat
  • Harga Terjangkau
  • Terpercaya melayani desain
    berbagai usaha / instansi / perorangan
  • Corak desain menarik
  • Cara pemesanan mudah dan Praktis
  • Banyak Portofolio Desain
  • Bisa diskusi desain dahulu

KONTAK

Phone : 0818 0271 5156
              0821 3501 6225

WA        : 081 802 715 156
Email    : desainpixelldesign@gmail.com
            

Updated: February 11, 2019 — 6:21 pm
Pixell design