Berbagai Contoh Desain / Gambar Logo Menarik

Berikut ini adalah contoh desain / gambar logo yang digunakan untuk berbagai jenis usaha . Logo dapat terdiri dari berbagai variasi tulisan, symbolik benda tertentu maupun karakter. Warna warna logo dapat disesuaikan dengan warna dominan usaha anda atau warna dominan suatu produk. Logo merupakan brand yang penting bagi usaha anda. Desain logo dapat berbagai corak mulai dari desain minimalis, feminim, futuristik , classic ataupun elegan.

Berikut ini contoh berbagai logo dari berbagai usaha dan profesi buatan kami, merupakan project dari berbagai clien yang telah mempercayakan pembuatan gambar logo kepada kami. Contoh logo berikut semoga dapat menjadi inspirasi anda dalam pembuatan logo

MANFAAT LOGO BAGI SEBUAH USAHA

Logo dalam dunia usaha memiliki banyak manfaat untuk membuat suatu badan usaha terlihat menarik dan mudah di ingat.
Adapun manfaat tersebut sebagai berikut :

  1. Sebagai Identitas Usaha

    Hal tersebut bisa dikatakan seperti itu karena digunakan untuk memberi tahu kepada khalayak dan calon konsumen baru tentang jenis produk yang dijual maupun jasa yang di tawarkan.Ini menyebabkan bahwa sebuah logo penting untuk menjadi wajah bagi usaha tersebut.Karena jika tanpa logo maka terkadang orang orang tertentu sulit dalam mengenali perusahaan tersebut.

  2. Pembeda dari Usaha Lainnya

    Hal ini dikarenakan suatu simbol digunakan untuk mewakili perusahaan dan badan usaha lainnya untuk menonjolkan ciri khas atau keunikan masing masing .oleh sebab itu,logo memang di perlukan guna menunjang persaingan yang ada di pasar baik local maupun international.

  3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

    Desain logo yang baik dan menarik akan membuat suatu usaha dapat terlihat berpengalaman dan juga profesional dalam pekerjaannya.Hal tersebut menyebabkan tingkat kepercayaan konsumen pada usaha yang di tunjuk semakin besar.

  4. Mengundang Konsumen Baru

    Desain logo yang menarik akan mengundang konsumen untuk mencari tahu lebih banyak tentang produk yang di tawarkan.Sehingga hal tersebut dapat menarik konsumen baru untuk membeli atau memesan barang/jasa yang di inginkan.Hal ini juga menyebabkan bertingkatnya pemasaran produk yang ada.

  5. Simbol Kualitas Produk

    Pemakaian logo pada kemasan produk dapat meningkatkan kemantapan si pembeli.Hal ini dikarenakan biasanya seorang manusia cenderung lebih mudah mengingat gambar di banding dengan tulisan atau nama produk yang di tawarkan.Dan hal penting lainnya,ini juga bisa dijadikan alat pemasaran bagi badan usaha yang bersangkutan.

Agar manfaat yang tertera diatas bisa di gunakan dengan maksimal,logo dapat ditempatkan pada berbagai media promosi seperti banner,kop surat,reklame,brosur,dan media cetak lainnya.karena logo yang baik adalah logo yang dapat di aplikasikan pada semua media tanpa terkecuali.Hal ini di gunakan untuk menunjang proses pemasaran yang ada.

KOMPONEN DALAM DESAIN LOGO

Pada sebuah logo pasti mempunyai sebuah hal yang akan menunjang logo itu menarik untuk di lihat. Hal ini bertujuan untuk membuat hasil yang di dapat bisa menunjang kemajuan bagi usaha yang sedang di tekuni. Untuk mewujudkan semua itu, perlu adanya hal yang biasa di sebut dengan komponen dalam pembuatannya. Adapun komponen yang di ada pada sebuah logo antara lain :

  1. Warna Logo

    Dalam hal tersebut warna memiliki peranan yang penting untuk logo. Hal ini di buktikan jika warna yang di pakai bernuansa biasa maka logo yang di hasilkan juga kurang menarik untuk di lihat. Biasanya, logo akan memakai warna yang dominan sehingga itu akan memunculkan ketertarikan bagi yang melihatnya. Dalam pengaplikasiannya, warna juga memiliki manfaat yang baik bagi usaha karena dapat meningkatkan kondisi emosional seseorang. Pada saat pembuatannya, warna yang di pakai harus baik dan tidak menimbulkan sesuatu yang ambigu karena keabstrakannya seperti kebingungan. Sehingga untuk itu, pilihlah warna yang benar benar baik dan berkualitas tinggi untuk meningkatkan daya tarik yang ada bagi yang melihatnya..

  2. Tulisan Logo

    Hal ini juga menjadi sutu hal yang perlu di perhatikan. Dalam pemilihannya pun tidak boleh sembarangan karena itu akan mengurangi ketertarikan logo yang di hasilkan. Pada sebuah logo yang baik maka tulisan yang di pakai pasti memiliki makna atau nilai estetika tertentu, sehingga itu tidak akan menimbulkan kesan yang monoton. Pada pemilihannya, usahakan tulisan yang di ambil berbeda dari kebanyakan logo yang sudah ada. Hal tersebut bertujuan untuk menambah ketertarikan konsumen pada saat melihatnya sehingga anda akan lebih di kenal oleh banyak orang.

  3. Konsep Logo

    Dalam hal ini konsep merupakan hal yang paling penting untuk logo itu sendiri. hal ini karena pada bab ini maka semua yang di inginkan oleh klien akan di tulis dan juga di amati sehingga dapat memudahkan dalam hal desain. Pada bab tersebut berisi tentang apa saja yang akan di cantumkan pada logo. Untuk tahap ini di perlukan sebuah kreatifitas yang nyata saat membuatnya. Hal ini karena untuk menonjolkan ciri khas yang ada pada usaha itu untuk menambah ketertarikan bagi konsumen. Oleh karena itu, tahap ini tidak boleh untuk di lewatkan sedikitpun karena merupakan poin yang paling di butuhkan dalam logo.

  4. Gambar Simbolik Logo

    Gambar pada logo juga harus di perhatikan. Hal ini karena jika logo tanpa sebuah gambar maka akan terkesan monoton dan kurang menarik untuk di lihat. Oleh karena itu, penting untuk mengkombinasikan antara gambar dengan unsur unsur lainnya guna menhasilkan sebuah keseimbangan yang baik dan menatik tentunya.

 

JENIS JENIS LOGO

  1. Logo Tulisan / Word Mark Logo

    Logo yang dibentuk hanya dengan tipografi nama brand tanpa adanya tambahan ornamen berupa simbol atau lain – lain

  2. Pictorial Logo

    Logo yang disusun dari simbol dengan / tanpa text. Dimana logo yang digunakan memiliki bentuk umum yang ada dalam kehidupan sehari hari:
    Contoh : Perusahaan yang mengadaptasi logo Pictoral Mark ini adalah Apple, Garuda Food, Firefox, Jaguar, Puma, Shell, dll. Jenis logo ini

  3. Abstrak Logo

    Hampir mirip dengan Pictoral Mark Logo, namun menggunakan simbol abstrak yang mengandung makna unik dari brand yang diusung
    Contoh perusahaaan yang menggunakan logo jenis Absract adalah Nike, Indosat, Adidas, Pertamina, dll

  4. Emblem Logo

    Logo yang menggunakan “shield” sebagai dasar logonya. Logo ini biasa digunakan pada logo klub bola ata brand tertentu. Logo ini kurang aplikatif di berbagai media, namun logo ini memiliki detail yang bagus dan mengesankan
    Contoh dari logo ini adalah Harley Davidson, Ferarri, Starbuks..

  5. Letter Form Logo

    Logo yang disusun oleh simbol yang berupa satu atau dua huruf inisial brand, disertai dengan nama brand.

  6. Logo Karakter / Maskot

    Logo yang menggunakan maskot sebagai elemen utama dalam logo.

KRITERIA LOGO YANG BAGUS

  1. Gambar Logo Mudah Diingat / Unik

    Logo juga harus mempunyai ciri khas agar orang orang mudah mengingat tentang logo tersebut.Hal ini dikarenakan jika sebuah logo tidak memiliki keunikan sama sekali ataupun tidak terlihat keunikannya maka logo tersebut akan hilang beriringan dengan perubahan zaman yang ada.Namun,dalam pembuatannya jangan terlalu banyak warna ataupun terlalu abstrak untuk dilihat karena itu dapat mengurangi pesan atau amanat yang ingin disampaikan oleh suatu usaha itu sendiri.

  2. Selaras dengan Bidang Usaha

    Logo harus di buat dengan memperhatikan tujuan dari badan itu sendiri untuk menyampaikan keinginan yang di maksud oleh suatu badan usaha.Hal ini bertujuan untuk menimbulkan kesan yang baik bagi orang yang melihatnya serta memunculkan keinginan untuk memesan barang atau jasa yang di tawarkan

  3. Warna Serasi dengan Sektor Usaha

    Mengapa waran penting? warna logo dapat menjadi ciri psikologi sebuah sektor usaha

  4. Tampilan Tajam / Tidak Pecah

    Logo yang bagus mempunyai tampilan yang tidak kabur. Hal ini perlu dibuat dengan software tertentu sehingga menjadi vektor yang mana tidak pecah saat terjadi pembesaran

  5. Dapat Digunakan Jangka Panjang

    Sebuah logo harus memiliki jangka waktu yang dapat bertahan lama.Karena hal tersebut dapat memberikan keuntungan yang berarti bagi perusahaan.Dalam hal pembuatannya logo juga harus di sesuaikan dengan perubahan zaman karena jika harus membuat logo yang baru di khawatirkan bisa terjadi kehilangan banyak konsumen yang ada di tahun yang akan datang.

  6. Dapat Diaplikasikan ke Berbagai Media

    Suatu logo yang baik dan profesional maka logo tersebut dapat di aplikasikan di berbagai media yang ada tanpa mengurangi keunikan dan kejelasannya.contohnya jika diaplikasikan di banner,brosur,reklame,dan media lainnya maka logo tersebut tetap menarik untuk di lihat.Hal tersebut memiliki tujuan untuk memperluas jaringan pemasaran yang ada karena jika logo sulit untuk diaplikasikan maka orang orang akan kurang mengenal logo anda.

Pixell design